H1, B1, T1 [Ujian Nasional]

Posted in: Labels: - 1 comments
"Ya, ini tulisan pertama, semoga menjadi awal yang baik."

Tulisan ini ada setelah berakhirnya Ujian Nasional SMA Tahun 2010, UN tersebut telah berhasil saya lewati dengan jujur. Saat hari-hari ujian, saya sempat tahu tentang "gerakan anti nyontek" yang dprakarsai oleh beberapa orang yang (saya kira) mempunyai niat baik.

Niat mereka ialah untuk menjadi titik putih di antara kertas hitam. Ya, mereka dengan niat baiknya mencoba jujur saat mengerjakan ujian, walaupun teman-teman mereka yang busuk mengerjakan ujian tersebut dengan cara sebusuk-busuknya.

Saya sendiri setuju dengan aksi tersebut, hasil yang saya dapatkan selama ujian (disamping saya mengetahui 6 rahasia negara, yaitu 6 soal UN) ialah saya melihat benih-benih penerus kehidupan bangsa yang entah mengapa tercemari sebelum bisa menjadi tunas. Namun, meskipun begitu, saya juga menyaksikan bagaimana masih ada benih-benih penerus kehidupan bangsa yang (dengan keyakinan mereka) membantai soal-soal UN tersebut tanpa menghiraukan pengaruh sekitar (dengan kata lain, mereka melaksanakan UN dengan jujur).

Dengan berakhirnya Ujian Nasional, saya berharap bahwa kegiatan tersebut akan menjadi lebih baik ke depanya, baik dalam pelaksanaan, peserta, dan pengawasan. Selain itu, semoga para pelajar tetap memiliki semangat belajar sebagaimana yang mereka miliki saat hari-hari Ujian Nasional. Mengutip kata-kata yang pernah saya baca,

"Belajar yang sebenarnya ialah belajar memahami keadaan sekitar untuk perubahan sikap yang lebih baik."


Sekian.

1 comment:

Hani said...

Wah UN...
Rasanya sudah lama sekali ya...
Ahahaha... XD

Post a Comment

Copyright © 2010 Larhuman's All rights reserved. Powered by Blogger .

Design by Larhuman. Blogger Template by Larhuman | LE-Center.