H3, B1, T1 [Membaca]

Posted in: Labels: - 0 comments
"Membaca ialah sumber utama sebuah ilmu, tapi entah mengapa orang-orang sulit untuk membaca."

Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah mulai diperkenalkan dengan suatu kegiatan yang disebut membaca. Apa itu membaca? Membaca ialah suatu proses perapalan deretan huruf maupun angka sehingga menjadi suatu suara vokal atau non-vokal yang bisa didengar dan dimengerti orang lain (dalam proses selanjutnya membaca tidaklah harus secara vokal/terucap).

Tidak bisa dipungkiri, bahwa membaca adalah hal sederhana namun membawa perubahan besar di kehidupan kita, bayangkan saja bila kita tidak bisa membaca, tentu kita tidak akan bisa memahami keadaan dunia ini. Untuk bisa membaca, seseorang membutuhkan usaha-usaha yang harus dilalui, yaitui tahap peniruan bunyi, tahapan ini mirip dengan tahapan saat seseorang belajar bicara. Awalnya, seseorang akan dibimbing oleh orang lain untuk mengucapkan nama suatu benda dengan cara berulang-ulang. Proses pengulangan ini sangatlah penting, karena dengan mengucapkan sesuatu secara berulang-ulang, sesorang bisa mengingatnya dengan lebih baik.

Setelah seseorang berhasil mengucapkan nama suatu benda, akan timbul rasa penasaran, rasa penasaran inilah yang merupakan cikal bakal kemampuan membaca. Saat rasa penasaran tersebut muncul, seseorang akan berusaha mencari tahu bagaimana bunyi nama benda yang sudah dia kuasai dituliskan, tentu saja dengan dibantu oleh orang lain, maka dia akan menemukan deretan huruf yang merupakan penulisan nama benda tersebut. Pada akhirnya, seseorang akan berhasil mengetahui nama benda tersebut, cara pengucapan, dan bagaimana bunyi tersebut bila dituliskan dengan huruf, secara tidak langsung, dia sudah memulai apa yang disebut dengan proses membaca.

"Bila membaca bukanlah hal penting, Tuhan tidak akan memerintahkan manusia membaca untuk pertama kali."




Sekian.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010 Larhuman's All rights reserved. Powered by Blogger .

Design by Larhuman. Blogger Template by Larhuman | LE-Center.