H5, B1, T1 [Teknologi]

Posted in: Labels: - 0 comments
"Asyik ya, sekarang segalanya serba instan, untung teknologi sekarang berkembang pesat."

Betul sekali, semenjak teknologi terus berkembang, kehidupan manusia jauh menjadi lebih mudah, dengan perkembangan teknologi, yang jauh bisa menjadi dekat, yang lambat menjadi cepat, yang tidak mungkin menjadi mungkin. Teknologi itu sendiri tidak datang dengan sendirinya, teknologi bisa datang secara disengaja (penelitian) maupun tak disengaja (penemuan/pengalaman), sebagai contoh, mungkin penemuan pertama yang sangat berarti bagi manusia ialah Api, benda/elemen panas ini sudah ditemukan sejak berjuta-juta tahun yang lalu oleh nenek moyang kita, pengaruhnya? Bisa kita rasakan sekarang.

Perlu diingat, bagaimana teknologi telah mengubah kehidupan manusia, baik saat Revolusi Industri, Revolusi Teknologi, Space-Race (USA vs USSR), maupun saat masa Nuclear and Atomic Energy-Development. Karena berbagai penemuan tesebut, kehidupan manusia jauh berkembang pesat, manun sayangnya, penemuan tersebut turut serta membawa kehancuran bagi manusia.

Revolusi Industri
Pada masa revolusi industri (akhir abad ke-18), mesin uap mulai diperkenalkan di kehidupan manusia. Pengenalan mesin uap ini, otomatis menggemparkan dunia, setelah itu perubahan secara masal terjadi, manusia mulai menggunakan mesin produksi, baik di bidang tekstil, tranportasi, dan lain lain.

Namun, revolusi industri membawa pengaruh buruk bagi kehidupan manusia, buruh anak banyak ditemukan pada masa revolusi industri, walaupun sebelum masa revolusi industri telah berkembang. Anak - anak dipaksa bekerja dengan gaji yang kecil dan pendidikan yang minim. Beberapa jenis kekerasan juga terjadi di tambang batu bara dan industri tekstil. Kejadian ini terus terjadi hingga terbentuknya undang - undang pabrik Factory Acts di tahun 1833 dan 1844 yang melarang anak dibawah 9 tahun untuk bekerja, anak dilarang bekerja pada malam hari dan jam kerja 12 jam per hari untuk anak dibawah 18 tahun.

Tempat tinggal pada masa Revolusi Industri beraneka ragam dari kondisi rumah yang sangat baik dan pemilik yang makmur hingga perumahan sempit di daerah perkumuhan. Rumah kumuh ini menggunakan toilet bersama serta keadaan lingkungan yang kurang bersih. Berbagai macam penyakit juga kerap terjadi seperti wabah kolera dan cacar air.


Nuclear and Atomic Energy Development
Tanpa perlu diingatkan, banyak kejadian mengerikan yang terjadi berhubungan dengan pengembangan nuklir, yang terkenal ialah peledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa hiroshima-nagasaki terjadi pada tanggal 6 dan 9 Agutus 1945, peristiwa ini mengakibatkan kepedihan mendalam bagi Jepang, bagaimana tidak? hampir 240000 orang tewas dalam kejadian ini, belum lagi mereka yang menjadi korban penyakit yang disebabkan oleh radiasi (kanker, leukimia, dan lain lain).

Peristiwa yang tak kalah hebatnya, ialah Bencana Chernobyl di Ukraina (ex Uni Soviet/USSR). Dalam kejadian ini, sekitar 700000 orang menjadi korban, baik mereka yang tewas maupun luka-luka/terserang radiasi. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 ini, merupakan kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah manusia, hingga saat ini, sisa bekas ledakan masih bisa dilihat di Ukraina.

Dari beberapa peristiwa di atas, sudah sangatlah jelas, bahwa teknologi juga bisa membawa kehancuran bagi umat manusia, sudah selayaknya kita selaku manusia yang memiliki akal dan pikiran, berusaha untuk menghindari kerusakan karena teknologi, sebagai pengguna teknologi, kita tentu harus bijak menggunakannya.

"Teknologi ibarat api, dimana membawa manfaat bagi kita. Namun, bila tidak berhati-hati, api tersebut akan membakar kita"




Sekian.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010 Larhuman's All rights reserved. Powered by Blogger .

Design by Larhuman. Blogger Template by Larhuman | LE-Center.